Scrath yang Asik

Hallo.... salam kenal buat kalian semua. Ini adalah blog pertamaku
Selamat membaca ... baca semua ya.


Pertama adalah Scratch.


Scratch adalah bahasa pemograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula (entah itu siswa, guru, orang tua ataupun pelajar lainnya) untuk belajar membuat program tanpa memikirkan salah atau benarnya penulisan sintaksnya. Bahasa pemograman ini termasuk pemrograman grafis yang dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Hanya dengan drag and drop sebuah blok warna untuk menggabungan pemrograman blok, seseorang dapat membuat cerita, games, animasi, musik, seni, dan presentasi.


Semua orang juga dapat meng-upload hasil karyanya di Scratch ke Internet. Scratch dirancang untuk bermain, pembelajaran sendiri dan animasi. Pemograman ini dapat digunakan untuk semua orang, karena orang tersebut dapat berfikir kreatif dan membuat orang dapat mengatasi hambatan yang ada dan memecahkan masalah dengan cepat.


Saat kita membuat Scratch, entah itu berupa game bermain, game pembelajaran, ataupun hanya mencoba-coba saja, kita tidak membutuhkan keahlian khusus yang bisa membuat game. Dalam scratch ini, kita hanya menyusun atau menggabungkan sebuah langkah-langkah yang bisa membuat animasi dalam scratch dapat berpindah tempat, berbicara, menyapa, memberikan soal dan mengubah wallpaper.

Permainan Scratch ini dapat diakses di internet maupun mengunduh aplikasi scratch. Di dalam scratch terdapat beberapa balok-balok berupa perintah untuk menggerakan animasi sesuai dengan yang diinginkan, seperti bergerak berpindah tempat, bergerak ke atas atau ke bawah, bergerak ke kanan atau ke kiri, berpindah ke arah x atau y sepanjang yang diinginkan, dan berputar. Scratch ini juga bisa menampilkan teks yang mengatakan hallo, berfikir, efek, memperbesar animasi, mengatur ukuran, menyembunyikan, menampilkan animasi dan mengganti kostum animasi. Scratch juga dapat memberikan suara pada animasi yang dipilih dan mengatur besar volumenya. Ada juga yang perintah tentang pena, untuk pena ini banyak juga pilihannya. Ada perintah tentang sebuah data, yang terdiri dari buat sebuah variabel dan buat sebuah daftar. Pada bagian buat sebuah variabel dapat berupa menampilkan skor yang dapat dihasilkan oleh seorang pemain. Ada juga bagian perintah tentang sebuah kejadian, yang berisi tentang memulai perintah, mengubah background permainan, dan masih banyak lagi. Pada scratch masih banyak balok dengan tipe sebagai kontrol, sensor, operator dan balok lainnya. Animasi pada scratch ini dapat dipilih seperti hewan, fantasi, huruf, orang, benda, transportasi dan bisa juga menggunakan foto sendiri. Backgound pada permainan, background terdapat banyak pilihan, yaitu; di dalam ruangan, di luar ruangan dan lainnya. Background dan tokoh bisa disesuaikan dengan tema yng terdapat didalamnya. Suara juga dapat dipilih juga sesuai dengan kategori yang ada, yaitu; suara hewan, efek, elektronika, manusia, alat musik, moop musik, nada musikal, perkusi dan vokal. Scratch ini dapat disimpan sementara dan bisa dilanjutkan di hari berikutnya.  

Kalian bisa mencopa Program Scratch ini di www.scratch.mit.edu

Terimakasih sudah membaca blog ini. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

permainan Quizizz yang menyenangkan

Edraw Max membantu kamu

Kahoot sangatlah menyenangkan